Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

Pembahasan kita kali ini ialah Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan. Ikan louhan dulu sempat populer dan hargannya amat mahal sekali. Tetapi pada saat ini ikan hias ini sudah tak ramai seperti yang dulu lagi. Ikan hias ini katanya ikan yang dapat membawa hoki bagi yang memeliharannya.

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya  Louhan

Asal mula ikan lou han mulai dikembangbiakan diawali sejak tahun 1993. Orang Malaysia terlebih banyak yang mengagumi ikan dengan kepala menonjol, yang diketahui sebagai Karoi atau “kapal perang”, dan ditemukan di bagian barat negara mereka.

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

Dahi sedikit tampak dan ekor panjang ikan ini berharga untuk para peminat masyarakat Taiwan sebagai petunjuk pembawa keberuntungan dalam geomansi. Pada tahun 1994, iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dan hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia dan dibesarkan ikan ini secara berbarengan, menandai kelahiran ikan lou han tersebut.

Pada tahun 1995, perkawinan persilangan diadakan lebih lanjut dengan Human Face Red God of Fortune, yang menghasilkan macam baru yang disebut Five-Colors God of Fortune. Karena warnanya yang indah, ikan ini menjadi pesat populer.

Penyempurnaaan secara selektif terus berlanjut sampai tahun 1998, saat Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan. Pembelesteran ini akibatnya menjadikan generasi pertama hibrida flowerhorn Hua Luo Han, yang kemudian ditiru dengan perkenalan flowerhorn berikutnya.

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

Ragam Ikan Lou han

Menurut jenisnya, ikan hias louhan dibagi menjadi 6 macam:

  1. Chinwa
  2. Cencu
  3. Fly Marking
  4. Golden Best
  5. Classic
  6. Free Head

Ciri-ciri ikan louhan berkwalitas bagus yakni :

  • Sirip atas bawah dan ekor setara
  • Bintik hitam tegas dari pangkal ekor sampai insang
  • Lingkaran warna perak keemasan metalik melingkari bintik hitam
  • Kelihatan bintik mutiara hampir di seluruh badan
  • Warna dasar tubuh merah cemerlang dan kuning cerah
  • Sirip dan ekor merekah melebar dan utuh
  • Nongnong di kepala kelihatan proporsional
  • Mata merah satu lingkaran penuh

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

Kalau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam pembudidayaan atau pemijahan lou han yakni kualitas air yang akan dipakai sebagai media pemijahan. Sumber air yang akan diaplikasikan untuk pemijahan bisa berasal dariair sumur maupun air PAM.

Seandainya pemijahan dilaksanakan dengan mengaplikasikan air sumur, sebaiknya air sumur diendapkan selama 48 jam seblum diaplikasikan. Jikalau mengaplikasikan air PAM, sebaiknya kadar klorin dan pH air dinetralkan lebih-lebih dahulu. Penetralan ini bisa dilaksanakan dengan mengaplikasikan larutan trisulfat 5 ppm.

Jenis Peralatan Wajib Memelihara Lou han

Pemijahan louhan bisa dilaksanakan dalam akuarium atau kolam. Filter ragam kelengkapan yang harus ada dalam kolam atau akuarium yakni sebagai berikut :

  1. Bak penampungan air
  2. Sedangkan
  3. Aerator
  4. Alat Penampung air
  5. Ornamen dan bebatuan
  6. Lampu UV

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

Ikan lou han merupakan jenis ikan yang agresif dan teritorial (mempertahankan tempat kekuasaannya), sehingga ikan ini acap kali berkelahi dengan ikan lain yang ditempatkan dalam satu wilayah dengannya. Seandainya demikian, lou han termasuk ikan yang mudah diternakan. Untuk dapat menjalankan pemijahan, dibutuhkan louhan betina berukuran minimal 10 cm dan lou han jantan yang lebih besar.

Perbedaan antara louhan jantan dan betina bisa dilihat dari kedekatan genetiknya. Untuk lou han keturunan Cichlasoma trimaculatum, kalau pada sirip punggungnya terdapat bintik hitam maka louhan tersebut berjenis kelamin betina. Setelah pembedaan secara jasmani susah dilakukan, pembedaan ragam kelamin bisa dikerjakan dengan sistem venting, yakni memandang organ kelamin lou han yang bersangkutan.

Dikala menerima calon induk untuk dipijahkan, letakkan kedua induk hal yang demikian dalam satu akuarium yang sudah diberi sekat pemisah dari kaca. Tujuannya supaya mereka terbiasa satu sama lain. Sesudah lou han betina sudah menunjukkan pertanda-petunjuk bertelur, lepaskan sekat pemisah.

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

Saat sekat pemisah dilepas, amati perilaku kedua lou han. Apabila keduanya terus jotos-jotosan, lantas pisahkan kedua lou han. Upaya penyatuan kedua louhan bisa dilakukan sebagian minggu kemudian atau bisa juga mengganti pasangannya.

Jikalau pemijahan berhasil, amatilah tingkah laku kedua louhan. Jika kedua induk akur dan menjaga telurnya, biarkan mereka tetap bersatu. Jika kedua induk cenderung untuk bertengkar, pisahkan induk jantan dari induk betina agar induk betina menjaga telor hal yang demikian. Bila induk betina memakan telurnya, pisahkan induk tersebut dari telornya.

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

Lou han termasuk tipe ikan yang mudah pemeliharaannya. Dengan standar pemeliharaan ikan pada lazimnya, lou han bisa hidup dan tumbuh dengan bagus. Melainkan, louhan akan semakin menarik, jika dalam pemeliharaanya mengamati baik-bagus.

Pemberian Pakan pada Ikan Lou han

Karena daerah pemeliharaan dan kualitas air, pemberian pakan juga mempengaruhi penampilan louhan. Pakan yang mengandung gizi yang tepat, setara akan mempercantik penampilan lou han. Pakan louhan ada dua variasi, merupakan :

Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan

a. Pakan natural

Pakan natural bisa berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing. Sebab pakan alami kurang higienis, sebagian dicuci atau dibersihkan dari bakteri dan bakteri sebelum diberikan terhadap louhan. Pakan natural dapat membuat warna ikan louhan kian cerah.

b. Pakan buatan

Umpamanya pakan buatan bisa berupa pelet yang mengandung hormon atua pelet yang mengandung spirulina. Pelet yang demikian dapat memicu pertumbuhan warna louhan, sehingga louhan menjadi lebih cemerlang dan indah.

Pemberian pakan buatan mempercepat perkembangan warna louhan. Akan namun, pemberian pakan buatan yang berlebihan menimbulkan beberapa efek negatif. Malahan munculnya warna di tempat yang tidak diinginkan (dibibir dan sirip). Bahkan jika over dosis bisa menyerang lever dan menyebabkna kematian oleh karena itu, pemberian pakan yang bervariasi akan menjamin kecukupan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan louhan.

Sekian info berkaitan dengan Memahami Teknik Ternak dan Budidaya Louhan , semoga post kali ini bermanfaat untuk Anda. Mohon postingan ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *